Selasa, 05 Januari 2016

SILSILAH KELUARGA

Hai rekan” blogger !

Mempelajari silsilah keluarga ternyata memang asyik, selain kita memperoleh pengetahuan sejarah keturunan keluarga kita, kita juga dapat mengetahui dampak apabila kita tidak mengetahui silsilah keluarga kita sendiri. Nah, kali ini saya akan memberikan informasi tentang silsilah keluarga dan pentingnya mengetahui silsilah keluarga. Yuk simak...
Silsilah keluarga merupakan bagan yang menampilkan hubungan keluarga (silsilah) dalam struktur pohon. Setiap orang dapat menyusun silsilahnya sendiri, misal mulai dari bao, buyut, kakek-nenek, ayah-ibu sampai anak cucunya. Niscaya silsilah itu akan terlihat seperti batang pohon yang rindang, apalagi kalau setiap orang memiliki banyak anak.
Silsilah keluarga ini dapat ditampilkan dengan berbagai bentuk. Salah satu format yang sering digunakan adalah bagan dengan posisi generasi yang lebih tua berada di bagian atas dan yang lebih muda berada di bagian bawah.
Seperti contoh dibawah ini :
Ini merupakan silsilah keluarga saya, saya hanya menuliskan 4 turunan. Karena kalau sampai beberapa turunan kebayang banyaknya hihi


Kenapa sih kita harus mengetahui silsilah keluarga  ? Mengetahui riwayat keturunan keluarga kita memang banyak sekali manfaatnya. Namun kali ini saya akan bahas salah satunya saja, yaitu untuk menghindari kemungkinan inbreeding.

Apa itu inbreeding  ?

Inbreeding merupakan perkawinan sedarah seperti ibu dan anak, ayah dan anak, kakak dan adik, dengan saudara sepupu dan sebagainya. Konon, nenek moyang dahulu menganjurkan kita untuk tidak melakukan perkawinan sedarah sebelum melewati 7 turunan. Karena perkawinan sedarah akan mengakibatkan kecacatan pada keturunan kita selanjutnya. Sayang kan kalau keturunan kita nanti mengalami kecacatan.

Selain  akan mengalami kecacatan pada keturunan selanjutnya, perkawinan sedarah juga kemungkinan besar akan mengakibatkan putusnya tali silaturahmi. Retaknya keluarga yang melakukan perkawinan sedarah, akan berakibat pada generasi yang lainnya.

Itulah salah satu alasan kenapa kita harus mengetahui riwayat keturunan keluarga kita.
So, hindari kemungkinan buruk tersebut, salah satu caranya dengan mengetahui silsilah keluarga anda !

Sekian, Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat  J

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates